Syarat Agar Shalat di Terima

0 57

Syarat Agar Shalat di Terima; Seperti yang telah kita ketahui bersama, shalat merupakan amalan paling vital dalam islam. Amalan yang paling pertama dihisab dan merupakan barometer untuk amal lainnya. Ketika shalatnya baik, maka akan baik juga seluruh amalnya dan sebaliknya ketika shalatnya rusak, maka ikut rusak pula seluruh amalnya.

Untuk itu sejatinya kita harus berusaha semaksimal mungkin agar amal shalt kita sah menurut syarat dan ketentuan juga diterima sebagai ibadah yang semata-mata hanya untuk Allah Semata.

Syeh Imam Nawawi Banten dalam kitabnya Sulamut Taufiq menjelaskan tentang syarat agar shalat diterima.

Agar shalat diterima Allah SWT, disyaratkan hal-hal berikut :

  • Hendaknya shalat itu dimaksudkan semata-mata mengabdi kepada Allah SWT ( bukan karena ingin masuk surga atau terhindar dari api neraka, apalagi ingin dipuj orang).
  • Hendaknya makanan, pakaian, dan tempat shalat terdiri dari harta yang halal.
  • Hendaknya ketika shalat hatinya hadir (ingat) kepada Allah, sebab shalat seseorang tidak berpahala, kecuali selama ia ingat kepada Allah (khusyuk) dan tidak ujub dengan shalatnya.

Keterangan :

  1. Ingat kepada Allah (hudurul-qalbi) itu adalah jiwa (ruh)nya shalat. Kalau tidak ingat kepada Allah , ibarat orang yang tidak bernyawa saja.
  2. Firman Allah : “Sungguh berbahagialah orang-orang mukmin , yaitu yang shalatnya khusuk(QS. Al mu’minun 1-2)
  3. Sbada Nabi Muhammad SAW : “Barang siapa yang mengenakan pakaian seharga 10 dirham dan diantaranya ada sedirham yang terdiri dari barang haram, maka shalatnya tidak akan diterima“. HR. Ahmad)
  4. Padahal Shalat yang diterima tergantung pada kekhusyukannya. Kalau seseorang shalat hanya memenuhi persyaratan zhahir saja ( tidak disertai kekhusyukan batin) seperti tersebut di atas, shalatnya sah, tetapi untuk dikabulkannya oleh Allah, memrlukan syarat khusyuk.
  5. Kekhusyukan shalat itu selain sebagai ruh shalat, ditambah dengan hikmahnya yang sangat banyak, diantaranya dapat menimbulkan ketenangan jiwa, keberkahan hidup di dunia, dan kebahagiaan di akhirat, sebab dapat terjaga dari perbuatan maksiat dan munkar.

Semoga kita semua dapat memenuhi Syarat Agar Shalat di Terima, sehingga shalat kita tidak sia-sia. Diterima dan juga mendapatkan hikmah dan keberkahan. Mendapatkan kebaikan dunia dan juga akhirat.

Category: Islam
author
No Response

Leave a reply "Syarat Agar Shalat di Terima"