Panduan Lengkap Cara Membuat Pupuk Organik Cair

0 35

Setelah artikel tentang Panduan Lengkap Cara Membuat Pupuk Organik kini penulis akan menyampaikan Panduan lengkap cara membuat pupuk organik cair yang mungkin sedang anda cari

Jika sebelumnya kita pernah membahas mengenai Panduan Lengkap Cara Membuat Pupuk Organik, maka kali ini kita akan mengulas tentang cara membuat pupuk organic cair atau yang lazim disebut dengan POC.

Kita semua tahu bahwa budidaya tanaman yang baik tak akan lepas dari yang namanya pupuk. Untuk pupuk sendiri ada yang merupakan pupuk organic dan ada pula yang merupakan pupuk kimia.

Meski pupuk kimia mampu memberikan kadar unsur hara lebih tinggi disbanding pupuk organic, namun akhir-akhir ini terbukti bahwa penggunaan pupuk kimia juga memiliki dampak buruk bagi tanah yaitu tanah mengeras serta kurang subur karena telah terjadi penumpukan residu kimia yang menyebabkan defisiensi unsur hara dalam tanah. Hal inilah yang menyebabkan para petani berangsur-angsur kembali ke pupuk organic.

Namun ternyata penggunaan pupuk organik juga tak memberikan pengaruh terlalu besar karena bahan organik tersebut sulit diuraikan oleh tanah yang sudah terlanjur mengeras. Maka dari itu dibuatlah terobosan dengan pupuk bokashi yang merupakan hasil fermentasi bahan organik sehingga nantinya bahan organik yang sudah terurai menjadi bokashi akan dengan mudah diserap akar tanaman. Baca juga Cara Mengusir Hama Burung pad Tanaman Padi

Pupuk bokashi berbentuk padat sehingga penggunaanya hanya sebatas pada area perakaran. Padahal untuk memacu perkembangan tanaman maka diperlukan juga nutrisi yang disemprotkan lewat daun. Maka dari itu dibuatlah juga POC (Pupuk Organic Cair) yang merupakan versi cair dari bokashi padat. POC memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta mudah diserap oleh daun tanaman.

Untuk cara membuat POC sendiri tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan kesabaran menunggu hasil fermentasi bahan selesai. Berikut akan kami paparkan mengenai cara membuat POC (Pupuk Organik Cair)

1. Persiapan Bahan Dasar POC

Bahan dasar pembuat POC hamper sama dengan bahan dasar pembuat bokashi padat. Namun sebaiknya anda memilih bahan dasar yang memang memiliki kandungan unsur hara makro maupun mikro yang tinggi sehingga nantinya akan idapat POC dengan kadar nutrisi yang tinggi pula. Bahan-bahan dasar yang bisa anda gunakan untuk pembuatan POC diantarannya :

  • Sisa sayuran
  • Ampas kelapa
  • Air cucian beras
  • Batang Pisang (bagian dalam)
  • Kotoran Ternak (bisa campuran)
  • Air kencing hewan herbivore
  • Tepung gandum / tepung beras / nasi basi
  • Dedak
  • Bungkil
  • Ampas sisa kedelai

Bahan diatas sifatnya opsional jadi carilah yang mudah untuk anda dapatkan sebanyak mungkin jenisnya. Lalu berikut ini adalah beberapa bahan yang wajib ada yaitu sebagai berikut :

  • Susu (Boleh cair boleh bubuk)
  • Telur dan madu
  • Air kelapa muda
  • EM4 dan gula / tetes tebu

Nah anda bisa memilih bahan dasar pembuatan POC yang mana yang bisa dengan mudah anda dapatkan. Namun untuk bahan wajib anda harus memilikinya karena itu adalah kunci pelengkap nutrisi. Memang untuk bahan dasar POC sebaikya tidak digunakan bahan organik sembarangan dengan nutrisi seadanya sebagaimana pembuatan bokashi padat.

Kuncinya adalah semakin banyak ragam jenis bahan dasar yang anda campurkan maka akan semakin lengkap kandungan nutrisi dalam POC.

Itulah Panduan Lengkap Cara Membuat Pupuk Organik Cair semoga bermanfaat

Category: AgribisnisTags:
author
No Response

Leave a reply "Panduan Lengkap Cara Membuat Pupuk Organik Cair"