Hukum Orang Yang Meninggalkan Shalat

0 36

Bismillahirrahmaanirrahiim. Banyak orang yang telah mengaku muslim tapi masih berani meninggalkan shalat tanpa alasan. Dikutip dari Tulisan Sayid Sabiq dan iqhu As-Sunah, bahwa orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja dan mengingkari kewajibannya, maka orang tersebut dihukumi kafir dan kelaur dari Islam.

Adapun, jia ia meninggalkan shalat karena malas-malasan , tetapi masih meyakini dan mengimani kewajiban sahalat, maka beberapa hadits menyebutkan bahwa orang tersebut telah kafir dan wajib dibunuh.

Dari Jabir r.a, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,” Batas antara seseorang dengan kekafirannya adalah meninggalkan shalat.” ( HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah )

Dari Buraidah r.a.” ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ” Janji yang terikat erat antara kami dengan mereka adalah shalat. Maka, barang siapa yang meninggalkannya, sungguh ia telah kafir.” ( HR. Ahmad dan Ashhabus Sunah )

Dari Ibu Umar r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda,” Aku diperintahkan untuk membunuh manusia, sehingga mereka bersaksi bahwa tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, dan membayar zakat. Barang siapa telah menunaikan itu semua berarti harta dan dirinya terlindung dariku, kecuali dengan sebab syara’, sedangkan perhitungannta terserah kepada Allah.” ( HR. Bukhari dan Muslim )

Hadits-hadits di atas , secara tekstual menunjukkan kekafiran orang-orang yang meninggalkan shalat dan menghalalkan darahnya untuk dibunuh. Tetapi meski demikian, banyak sekali ulama baik salaf, maupun khalaf yang memiliki pandangan hukum berbeda. Diantara mereka adalah Abu Hanifah, Malik dan Syafi’i. Mereka membedakan antara yang menolak dengan sengaja kewajiban shalat dengan orang yang tidak shalat , namun masih tetap mengakui kewajibannya.

Disarikan dari : Buku ” Jangan Asal Shalat” Ibnu Rif’ah Ash-Shilawy

Kategori: Kajian Islam
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hukum Orang Yang Meninggalkan Shalat"